Kamis, 25 Maret 2010

Sudah tidak asing lagi di telinga kita atau bahkan sudah merupakan keseharian kita menghabiskan waktu dengan media chatting dan bersosialisasi yang paling digemari saat ini yaitu facebook. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa facebook merupakan dunia maya yang bisa menghubungkan siapa saja walaupun berada di sisi bola dunia sana. Facebook juga bisa membantu kita menemukan teman atau saudara kita yang yang mungkin bertahun-tahun tidak pernah ketemu lagi, tahu-tahu malah bertemu di facebook.

Bukan hanya itu, dengan facebook tak jarang orang yang kesulitan menemukan pasangan hidupnya dapat lebih mudah menemukan apa yang menjadi kriterianya selama ini. Tidak heran dimana saling sapa dan saling memberikan komentar dengan sangat leluasa tersampaikan meskipun belum akrab dan hal ini sulit terjadi di dunia nyata sehar-hari. Sehingga keberanian mengeluarkan pendapat entah itu sekedar basa-basi, coba-coba mengajak pergi, saling menarik perhatian dll bukan sesuatu yang tabu.

Namun disisi lain, facebook juga membuat orang tua kehilangan anaknya karena 'diculik orang tidak dikenal' atau diajak lari oleh pacarnya. Kejadian ini terjadi beberapa kali, betapa mudahnya facebook menjembatani anak yang masih ABG diajak lari oleh 'kekasih' nya yang seumur dengan orang tuanya. Sudah tidak ada batas lagi jarak pergaulan di dunia maya. Tidak hanya itu, ancaman pembunuhan pun pernah terjadi di dunia maya. Sehingga banyak orang yang was-was dengan adanya facebook dan dunia maya semisalnya.
Tips Aman Facebook
Tips Aman Facebook
Disini facebook seperti dua sisi mata uang, dimana di satu sisi facebook bisa memberikan keuntungan dan manfaat bagi banyak orang dan di sisi lain facebook bisa membaut orang cemas, khawatir bahkan takut. Yang perlu di garis bawahi disini adalah facebook merupakan alat, bagaimanapun sebuah alat bisa mendatangkan kebaikan dan disisi lain bisa memberikan kerugian, bergantung kepada siapa yang membawa alat tsb.

Oleh karenanya, kita sebagai manusia yang berada dibelakang layar harus pandai dalam membawa alat, dalam hal ini facebook agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Bagaimana cara agar facebook berdampak baik bagi kita? Ada beberapa kita agar kita dapt memanfaatkan facebook dengan benar;

1. Gunakan nama yang mudah dikenali teman2 kita. Misalnya saja nama panggilan, alhasil hanya teman-teman kita yang kenal atau nama waktu kecil.

2. Undang teman atau terima teman yang benar-benar kita kenal atau yang mempunyai teman yang sama dengan kita. Artinya orang tersebut tahu kita dari teman kita tsb.

3. Jika ingin berkenalan dengan banyak orang, usahakan kita mengundang orang yang satu sekolah atau satu kampus denga kita dan seterusnya. Diharapkan bisa menjadi teman dekat dan dekat jaraknya.

4. Lebih baik tidak memberikan data yang bersifat sangat pribadi di facebook. Seperti no hp atau telp rumah atau lainnya.

5 Gunakan hak akses privasi dalam facebook. Pilihan hanya teman dari teman kita yang bisa melihat data kita bisa dijadikan pilihan.

6. Etiket dalam dunia maya tidak berbeda jauh dengan dunia nyata. Kita harus tetap sopan dan santun dalam berkomentar dan menyampaikan pendapat. Disamping itu facebook juga merupakan ruang publik dimana bermacam-macam orang yang berada di dunia maya. So... Tetap berhati-hati.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Advertisement
Advertisement
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Tips Facebook -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -